Kisah Sedih Bangunan Bersejarah Tionghoa di Banyumas

Pada perjalanan ke kampung halaman orangtua ke Banyumas, saya pun meluangkan waktu untuk singgah di klenteng, yang sudah menjadi pusat seni dan budaya masyarakat Tionghoa di Banyumas selama bertahun-tahun. Klenteng bernama Boen Tek Bio ini, didirikan pada tahun 1800-an, bertempat di dekat Pasar Banyumas.

Awalnya, klenteng ini merupakan tanah dan bangunan milik orang Tionghoa, bernama Ong Cing Swe, yang mendapat sertifikat tanah kepemilikan dari pemerintah Hindia Belanda. Oleh masyarakat Peranakan Tionghoa, tanah dan bangunan selain sebagai pusat kegiatan pendidikan, aktivitas kesenian dan kebudayaan (Cung Hwa Hwe Kwan), juga di fungsikan juga sebagai rumah untuk perkumpulan kematian Tionghoa (The Gie Hwe /TGW). Pada tahun 1960, tanah dan bangunan difungsikan menjadi klenteng bagi umat Tri Dharma meliputi Kong Hu Chu, Budha dan Tao.

Didepan halaman klenteng, terdapat Kuda Sembrani dan Pendapa. Para pendoa mempercayai jika mereka mendapat wahyu untuk membuat Patung Kuda Sembrani di depan rumah ibadah. Patung berwarna putih itu melindungi sebuah bola bumi dengan perpaduan lima warna berbeda yang mewakili lima benua. Kuda Sembrani menjadi lambang roh suci yang membuat kuasa doa dari rumah ibadah mampu menjangkau siapapun yang membutuhkan bantuan di seluruh bumi.Sedangkan Pendapa merupakan ruang terbuka yang berada tepat di depan pintu rumah utama, sebagai ciri utama dari arsistektur asli masyarakat Jawa. Hal tersebut pun mencerminkan akulturasi budaya Tiongkok dan lokal Jawa.

Sayangnya pada 24 Oktober 2012 lalu, bangunan utama klenteng ini mengalami kebakaran hebat yang menghabiskan dinding-dindingnya, sehingga hanya tersisa kerangka. Meskipun begitu, masih dapat terlihat ukiran naga di tiang penyangganya yang begitu indah. Hilangnya sebagian besar bangunan klenteng tersebut sangat disayangkan. Karena berarti turut hilangnya sebagian bangunan peninggalan bersejarah Tionghoa. (diyah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s