Menggali Pengetahuan Tekstil Indonesia di Museum

Gedung bercat putih kekuning-kuningan dengan arsitektur kolonial, yang terletak di tepi jalan KS Tubun, Jakarta itu tampak sepi di minggu pagi ini. Padahal saat itu tengah ada workshop membatik untuk masyarakat umum yang ingin belajar cara membatik. Gedung bekas rumah pribadi seorang warga negara Perancis pada abad ke-19, terakhir kali digunakan oleh Departemen Sosial sebelum dijadikan sebagai museum, bernama Museum Tekstil, atau orang sering menyebutnya dengan museum batik. Penyebutan yang tidak salah, karena kain batik merupakan koleksi terbesar museum ini, selain tekstil khas Indonesia lain seperti tenun atau songket.

Menurut catatan sejarah, gedung ini setelah dijual oleh warga negara Perancis pada abad ke -19 kepada konsul Turki bernama Abdul Aziz Al Mussawi Al Kateri, kemudian digunakan sebagai markas BKR pada masa perang kemerdekaan di Jakarta. Gedung ini pernah dihuni oleh orang Tionghoa, Lie Sion Phin (1947), sebelumnya digunakan sebagai Departemen Sosial.

Selain koleksi tekstil dari akhir abad ke-18 sampai abad ke-20, kita juga bisa menemukan taman pewarna alam dan alat tradisional pembuat tekstil. Kita juga bisa menemukan literatur tentang tekstil Indonesia di perpustakaannya, yang walau kecil namun koleksi bukunya cukup lengkap, sehingga bisa menambah pengetahuan kita tentang tekstil Indonesia.

Jadi, kalau mau tahu lebih banyak tentang tekstil Indonesia, yang ternyata bukan cuma batik, datang saja ke museum ini. Lokasinya dekat pasar dan stasiun Tanah Abang, yang sekarang kondisinya udah bersih dari PKL. Jam buka museum ini dari Selasa – Minggu, jam 09.00 – 15.00.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s