Wisata Murah Meriah di Taman Kota Menteng

Menteng merupakan kota taman tropis pertama di Indonesia, yang dirancang arsitek Belanda, PAJ Mooejen dan FJ Kubatz (1913). Wilayah ini merupakan adaptasi kota taman bergaya Eropa (Belanda) dalam iklim tropis seperti yang ada di Kota Bogor, Bandung, Malang, Semarang, Palembang, Padang, Medan, hingga Banjarmasin. Makanya tidak heran apabila pepohonan besar dan jalan yang lebar untuk pejalan kaki banyak ditemukan di sini.

Taman Menteng-4 Di kawasan ini, terdapat taman-taman kota seperti Taman Kudus, Taman Panarukan, Taman Suropati dll. Taman-taman ini sudah ada sebelum masa orde baru. Salah satu taman yang baru dibangun dan diresmikan di kawasan Menteng ini yaitu Taman Kota Menteng, yang dulunya adalah tempat klub sepakbola Jakarta, Persija.

Taman Kota Menteng diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso pada tanggal 28 April 2007, merupakan salah satu taman yang luas wilayahnya di Jakarta. Pada waktu pembangunannya, taman ini sempat menuai protes dikarenakan keberatan pihak Persija untuk pindah dan adanya kekhawatiran pihak-pihak lain atas hilangnya daerah resapan air di wilayah tersebut.

Taman Menteng-1 Sekarang, Taman Kota Menteng menjadi salah satu tujuan piknik atau wisata taman yang ada di Jakarta. Karena di tempat ini, terdapat lapangan futsal atau bola basket, serta tempat duduk-duduk. Meskipun tidak banyak pohon yang besar, sehingga pada siang hari taman ini terasa panas, namun taman ini selalu terlihat bersih, karena banyak tersedia tempat sampah dan tidak ada pedagang kaki lima yang berjualan di dalam taman. Untuk mencapai taman ini pun mudah dan murah, karena lokasinya yang terletak dipinggir jalan raya dan dilalui kendaraan umum. Memasuki taman ini pun tidak dipungut biaya sepeser pun saat ini.

Jadi jika kita, sebagai warga Jakarta, menginginkan menghirup sedikit udara segar, dan melepaskan stress dengan bersantai-santai di alam yang hijau dan bersih, tidak ada salahnya kita mengunjungi Taman Kota Menteng ini. Hemat, murah dan bisa menghilangkan stress.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s