Mengenang Jurnalis Fotografer Antara

Alex dan Frans Mundur, kakak beradik yang bergelut di dunia fotografi jurnalistik ini, namanya tidak banyak dikenal oleh masyarakat. Padahal Frans Mundur merupakan fotografer kesayangan sang proklamator, Bung Karno. Hampir disetiap peristiwa yang melibatkan Bung Karno, Frans Mundur hadir. Foto terkenal adegan pelukan Bung Karno dengan Jendral Sudirman, pada 10 Juli 1949 merupakan karya dari Frans Mundur.

Ada cerita lucu dibalik foto tersebut, ketika pertemuan kedua tokoh nasional tersebut berlangsung, hubungan diantara keduanya sedang renggang karena ketidaksepakatan terhadap bentuk perjuangan yang dilakukan pada masa itu. Karena itu ketika Bung Karno memeluk Jendral Sudirman, sang Jendral tidak balas memeluk hanya berdiri kaku. Adegan tersebut kemudian mengalami pengulangan.

Dua bersaudara Mundur merupakan tokoh perintis Jurnalis Fotografer di Indonesia. Foto-foto karya mereka mencerminkan kondisi Indonesia pada jamannya, sehingga seolah-olah merekonstruksi kondisi saat itu. Foto karya mereka memberikan foto yang penuh kemanusiaan dan melihat semua orang sama.

Berbagai foto yang memotret kondisi rakyat Indonesia menjadi foto yang sulit ditemukan di masa sekarang ini. Foto Bung Karno sedang berpidato di tengah-tengah rakyat sekembalinya dari pengasingan, merupakan salah satu foto mahakarya.

Kemudian foto pejuang muda Indonesia, tahanan KNIL, kabinet pertama Republik Indonesia, Ibu Fatmawati, Sutan Sjahrir sedang bermain tenis, merupakan foto-foto yang menunjukkan kemanusiaan dan apa adanya, tidak mengada-ada sehingga menjadi sangat berkesan.

Karya-karya kedua bersaudara Mundur ini dipamerkan di Galeri Antara mulai Desember 2013. Galeri Antara merupakan bagian dari Museum Antara, kantor berita pertama Indonesia. Dari kantor berita inilah, berita proklamasi kemerdekaan Indonesia pertama kali disiarkan ke berbagai penjuru Indonesia.

Kantor berita Antara didirikan oleh empat orang nasionalis, Adam Malik, A.M.Sipahoetar, Soemanang SH dan Pandoe Kartawigoena pada 1937. Awalnya kantor berita Antara berlokasi di Buitentjigerstraat No.30, yang sekarang menjadi Pinangsia, Kota.

Nama Antara dipakai dengan alasan, kantor ini menjadi perantara atau penyebar berita Indonesia. Pertama kali kantor ini menerbitkan buletin pada 13 Desember 1937.  Kemudian kantor berita Antara pindah ke kantornya yang sekarang berlokasi di jalan Antara, Pasar Baru.

Pada masa Jepang, kantor berita Antara sempat diubah namanya menjadi Domei.  Dari gedung Domei inilah, Sugirin dan Markonis menyisipkan proklamasi di beritanya. Dikisahkan Adam Malik menelpon rekannya di Antara bertanya apakah bisa Antara menyebarkan berita proklamasi. Di Antara, Asa Bafagih kemudian meminta Pangulu Lubis untuk melaksanakan penyiaran.

Di masa pemerintahan Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan ibukota Yogyakarta, kantor berita Antara turut pindah ke Jogjakarta, sedangkan Adam Malik mendirikan cabang kantor berita ini di Sumatera. Pada tahun 1949, kantor berita kembali ke jalan Antara dan menerbitkan buletin di Jakarta.

Maret 1949, Antara pertama kali menyiarkan international casr ketukan morse yang dilakukan oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

Antara selama ini dikenal sebagai tempat jurnalis fotografer nasionalis yang mengabadikan momen-momen penting dalam perjuangan nasional. Foto penyobekan merah putih oleh pemuda di hotel Yamato Surabaya pada 19 September 1945 juga karya jurnalis fotografer Antara bernama Abdul Wahab Saleh.

Dan pada 1952, kantor berita Antara berganti nama menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional Antara dan digabungkan dengan bekas kantor berita Belanda, Aneta.

(Sumber tulisan : Display Museum Antara, Komik Sejarah Antara Jan Mintarga, 1992)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s