Batik Peranakan, Pusaka Peranakan Tionghoa

Seekor burung phoenix, seekor hewan mitologi yang diyakini melambangkan keluhuran dan kejujuran hati tergambar dengan jelas pada selembar kain didepan saya. Saya melihat pada caption kain tertulis Batik asal Pekalongan. Saya pun tersenyum dan menyadari, kain batik didepan saya, meskipun tertulis berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah, merupakan batik peranakan.

Batik peranakan, batik ini adalah karya indah dari orang-orang Cina/Tionghoa peranakan di pulau Jawa, terutama Jawa Tengah. Di kawasan ini, terutama daerah pesisir seperti Lasem dan Pekalongan, telah berkembang karya kain yang luar biasa, yang disebut dengan Batik, dibuat oleh masyarakat Cina/Tionghoa peranakan.

Kain-kain dengan warna dominan merah, menggambarkan hewan atau bunga yang digambarkan dalam kisah-kisah dari daratan Tiongkok, seperti naga, phoenix atau hong atau bunga peony. Kebahagiaan, umur panjang, banyak anak dan keberuntungan merupakan empat hal yang selalu diharapkan orang peranakan dimanapun. Dan harapan itu di wujudkan dalam Batik untuk menghindari sial atau ketidakberuntungan. Harapan ini dipengaruhi olehkepercayaan dan tradisi leluhur yang sesuai dengan ajaran Confusius.

Inilah beberapa motif batik khas Peranakan :

Naga

Mahkluk yang paling dihormati dalam tradisi Tiongkok dianggap dapat memberi keberuntungan. Karena itu kaum peranakan sering menggunakan motif ini di kehidupan sehari-hari misalnya perlengkapan makan, hiasan tahun baru, ornamen dekorasi dll. Bentuk naga yang bersisik seperti ular, bermoncong buaya, dengan cakar seperti elang dan bertanduk, dipercaya perwujudan kombinasi dari berbagai binatang kuat di darat, air dan udara. Simbol Naga juga sering diasosiasikan sebagai kejantanan/maskulin, sehingga dapat ditemukan di berbagai macam benda yang dipakai kaum laki-laki. Bahkan para laki-laki peranakan sering disebut dengan ‘anak naga.’ Motif naga pada batik sering tidak terlalu terlihat, karena biasanya hanya digambarkan seperti garis melengkung atau gelombang di pinggir batik.

Burung Phoenix atau Hong

Burung hong ini dianggap sebagai binatang surgawi, raja segala burung yang mampu bebas dari penderitaan. Ingat film Harry Potter? Disana digambarkan burung Phoenix sebagai burung ajaib, yang membantu Harry Potter lepas dari penderitaan, yaitu menyembuhkan luka racun Basiliks dengan airmatanya.

Burung hong pada mitologi Tiongkok kuno, digambarkan memiliki bentuk badan seperti ayam, dengan kepala seperti merpati dan ekor yang berbulu indah menjuntai seperti merak. Alkisah, burung ini akan dapat dijumpai pada masa damai dan makmur disebuah wilayah. Selain itu, burung hong juga merupakan simbol keselarasan dan keberuntungan.

Kalau Naga sering diasosiasikan dengan kejantanan, maka burung hong sebaliknya diasosiasikan dengan kelembutan/feminin. Didalam berbagai barang yang dipakai anak perempuan, biasanya selain bunga-bunga, maka burung hong juga sering digunakan.

Kupu-kupu

Ingat kisah Sampek-Engtay yang menjadi kupu-kupu? Kupu-kupu seringkali digambarkan sebagai lambang cinta abadi. Karena itu pada batik peranakan, motif kupu-kupu digambar sepasang, lengkap dengan bunga, melukiskan suasana yang penuh cinta. Selain lambang cinta abadi, kupu-kupu juga lambang panjang umur.

Kelelawar

Kalau dalam legenda Eropa, kelelawar adalah binatang yang menyeramkan, bahkan dapat berwujud manusia yang haus darah, yaitu vampir. Tapi kalau di daratan Tiongkok, kelelawar dipercaya melambangkan panjang umur. Tidak hanya di dalam motif batik, di ornamen rumah Tionghoa, motif kelelawar juga sering dipakai.

Bunga Peony

Bunga peony dikenal sebagai rajanya bunga dengan kecantikannya yang mengagumkan. Bentuk bunga peony yang anggun dan indah, menyimbolkan kemakmuran sekaligus keberhasilan. Kaum peranakan sering menggambarnya seperti bunga teratai karena bunga ini tidak ditemukan di nusantara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s