Mencicipi Kopi Pegunungan Nemangkawi Papua

Bau harum kopi diruangan itu menyeruak menyadarkan aku dari kantukku. Mendengarkan ceramah salah seorang pegiat lingkungan ternyata membuatku agak mengantuk, aku pun bergegas bangkit untuk mencari tahu sumber bau harum kopi tadi untuk menghilangkan kantuk.

Di salah satu kubikel perusahaan pertambangan terkemuka di Papua, aku pun menemukan mesin canggih penggiling biji kopi yang sekaligus sudah membuat kopi bisa langsung di minum. Kopi ini dibagikan secara gratis sebagai bagian dari promosi pemberdayaan masyarakat Papua yang didukung oleh perusahaan tersebut. Langsung aku pun meminta satu cangkir kopi. Hm….nikmatnya kopi ini, yang tidak terlalu asam.

coffee-1399801_960_720

Kopi Amungme Gold nama kopi ini, berasal dari biji kopi Arabika yang sudah dibudidayakan di dataran tinggi Papua, tepatnya di daerah pegunungan Nemangkawi, selama kurang lebih 40 tahun. Tanaman kopi ini berada di empat lembah yang dihuni suku Amungme.

Memang, tanaman kopi didaerah ini belumlah lama di bandingkan tanaman kopi daerah lain seperti Gayo, Toraja, Malabar dll. Namun ada hal yang istimewa tentang kopi ini. Selain ditanam secara organik, artinya tidak memakai pupuk dan pestisida kimia, tanaman kopi ini juga di tanam dengan sistem campuran dan bertingkat, bertujuan agar masyarakat Amungme dapat memenuhi kebutuhan pangan selain tanaman perdagangan seperti kopi.

Satu lagi hal yang istimewa, dikarenakan ditanam di daerah lembah, tidak ada infrastruktur jalan menuju ke lembah, maka pengangkutan buah kopi dilakukan menggunakan helikopter. Hasil panen pun langsung dibawa ke pabrik pengolahan di Timika. Panen kopi dilakukan 1-2 kali dalam sebulan karena tanaman ini berada di kawasan hutan hujan tropis Papua.

Jadi kalau sekarang ada kesempatan mengunjungi Timika, tidak hanya tas akar, patung atau koteka mungkin yang menjadi buah tangan, tapi kopi khas Amungme ini bisa jadi salah satu buah tangan, terutama bagi para pecinta kopi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s