Lima Cara Membuat Minuman Kopi Ala Barista

Tahukah kamu kalau Indonesia merupakan negara ke-empat terbesar di dunia sebagai pengekspor kopi? Ya, begitu banyak tanaman kopi di Indonesia, bahkan hampir di setiap propinsi punya perkebunan kopi. Selain tanaman kopi yang memang sudah dibudidayakan sejak masa pemerintahan kolonial Belanda, juga ada perkebunan kopi yang dibangun setelahnya untuk memberdayakan masyarakat lokal, terutama biji kopi yang belum berada dalam perkebunan.

Kopi merupakan minuman sehari-hari masyarakat lokal Indonesia dan dapat ditemukan di warung-warung di seluruh pelosok Indonesia. Kopi menjadi minuman khas Indonesia sejak lama. Di kota-kota besar, juga terdapat kedai-kedai kopi tempat orang-orang berkumpul dan ngobrol-ngobrol seperti di daerah Glodok. Ada sebuah kedai kopi yang sudah terkenal sejak lama, yaitu Kopi Tak Kie. Kopi kemudian identik dengan minuman kaum bapak-bapak terutama bapak-bapak tua.

Namun ternyata baru pada tahun 1990-an kebiasaan minum kopi di kafe-kafe menjadi suatu gaya hidup masyarakat kelas menengah atas di perkotaan Indonesia, terutama kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dll. Kebiasaan minum kopi pun tidak hanya dimiliki bapak-bapak, tapi juga anak-anak muda dan remaja. Kopi Indonesia yang dulu hanya dikenal sebagai bahan komoditi ekspor atau dikonsumsi golongan tua, belakangan juga semakin dikenal oleh masyarakatnya sendiri terutama setelah ada buku dan film tentang kopi yang melejit. Anak-anak muda yang bergelut dibidang per’kopi’an pun semakin banyak, dengan munculnya profesi barista (pengolah minuman kopi) dan pemilik kedai kopi.

Meskipun demikian, ternyata tidak banyak orang tahu cara membuat minuman kopi yang tidak menghilangkan rasa kopi Indonesia yang khas kecuali para barista yang sudah belajar mengenai kopi. Nah ini ada cara minum kopi ala barista yang bisa kita tiru, sehingga kita bisa membedakan rasa kopi khas Indonesia yang memiliki varian rasa bermacam-macam.
1. Gunakan air yang berkualitas bagus
Untuk membuat kopi dengan rasa yang khas, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu kualitas air. Air yang dipakai merupakan air baru dan jernih yang disiapkan untuk kopi, bukan air bekas kopi atau rebusan apapun.

2. Merebus air sampai mendidih
Kita sering kali menemukan orang-orang merebus kopi langsung dengan airnya. Untuk mendapatkan aroma dan rasa kopi yang lebih khas, lebih baik merebus air nya terlebih dahulu sampai matang, baru dituang ke kopinya. Air yang direbus sebaiknya tidak mendidih sampai 100 derajat tapi hanya 90 derajat. Karena itu apabila kita sudah merebus air sampai mendidih 100 derajat, lebih baik kita diamkan sebentar baru di tuang ke kopinya.

3. Tuangkan air matang ke kopi secara perlahan, bertahap dan melingkar
Untuk mengeluarkan rasa kopi, sebaiknya tidak menuang secara langsung air matang tadi ke atas kopi melainkan dengan cara perlahan, bertahap dan melingkar, sampai semua kopi terendam air. Cara ini digunakan agar rasa dan aroma kopi tidak rusak. Tuangkan air sampai semua bubuk kopi terendam.

4. Menggunakan gula merah jika perlu
Gula merah dianggap lebih baik daripada gula putih, gula cair atau gula buatan untuk menambah rasa manis pada kopi. Namun apabila memang ingin merasakan keaslian rasa kopi, sebaiknya tidak menggunakan gula apapun.

5. Menggunakan susu dengan kualitas bagus
Banyak orang Indonesia yang menyukai kopi susu daripada kopi hitam. Untuk mendapatkan kopi susu yang memiliki rasa khas, kita bisa menggunakan susu cair bukan susu bubuk atau kental manis, dan dipanaskan dalam suhu tidak boleh melebihi 100 derajat. Apabila susu dipanaskan lebih dari 100 derajat maka tekstur dan protein dalam susu akan rusak.

Nah, mudah kan membuat kopi ala barista, jadi tunggu apalagi? Ayo dipraktekkan sekarang, lebih murah dan hemat 🙂 (Diyah Wara)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s