Akhir Pekan di Soe

Nusa Tenggara Timur dikenal dengan pantai-pantainya yang Indah. Namun ternyata ada juga tempat menarik yang dikunjungi selain pantainya. Kali ini saya berkunjung ke satu kota sejuk yang dapat ditempuh hanya satu jam dari Kupang, ibukota propinsi Nusa Tenggara Timur.

Kota Soe, sudah dibangun sejak 1920, menjadikan salah satu kota tua di pulau Timor. Soe berasal dari bahasa Timor yang berarti timba atau menimba. Kata ini berasal dari salah dengarnya seorang tentara kolonial Belanda ketika bertanya kepada seorang perempuan yang menjawab dalam bahasa Timor, yaitu au soe oe.

Soe dikenal sebagai daerah yang sejuk, karena berada di daerah perbukitan. Karena itu Soe sering menjadi tujuan utama wisata bagi masyarakat di Kupang pada akhir pekan. Karena lokasi nya di perbukitan, kota Soe memiliki banyak air terjun, salah satunya air terjun Bu’at. Akses jalan ke air terjun ini berupa jalan bebatuan yang hanya cukup dilalui satu mobil dan dibatasi oleh rumput ilalang. Untuk menuju ke air terjun nya kita harus mengikuti jalan setapak dan tangga menurun. Setiap beberapa tangga turun terdapat tempat untuk beristirahat. Air terjun Bu’at merupakan air terjun bertingkat yang dikelilingi pepohonan, sehingga airnya sangat jernih. Biasanya masyarakat yang datang tidak dapat mehanan diri untuk mandi melihat jernihnya air.

Bagi yang tidak suka berwisata ke air terjun, bisa berjalan-jalan di kota Soe yang tenang dan sejuk. Kita bisa mengunjungi pasar tradisional Soe, dimana bisa kita temukan barang-barang tradisional seperti tenun atau kerajinan tangan. Harga barang-barang tersebut juga tidak mahal sehingga kita bisa puas berbelanja. Tidak hanya barang tradisional, di pasar tradisional ini juga ditemukan hasil bumi masyarakat Soe dan sekitar Soe seperti pisang, sirih, pinang dan lain-lain.

Sedangkan bagi yang beragama Katolik, kita bisa mengikuti misa di gereja Katolik yang masih menggunakan bangunan lama. Gereja Santa Maria Mater Dolorosa ini berlokasi sekitar 200 m dari jalan Trans Timor. Didalam kompleks Gereja ini terdapat sekolah katolik yang berkualitas bagus dan menjadi sekolah pilihan bagi umat Katolik dari daerah-daerah sekitar Soe. (Diyah Wara).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s