Benteng Fort De Kock Bukittinggi

Di kota Bukittinggi, Sumatera Barat ada satu bangunan peninggalan pemerintah kolonial Belanda yang terkenal selain Jam Gadang yaitu Fort De Kock atau Benteng De Kock. Berlokasi hanya 1 km dari Jam Gadang, benteng ini menjadi terkenal karena menjadi saksi kegigihan para pejuang Minangkabau yang dipimpin oleh Imam Bonjol, dalam melawan pasukan Belanda, yang dikenal dengan perang Paderi.

Benteng De Kock mulanya bernama Sterreschans (benteng pelindung), namanya kemudian berganti menjadi De Kock untuk menghormati Komandan Militer sekaligus Letnan Gubernur Jendral Hindia Belanda bernama Hendrik Merkus Baron de Kock.
Didirikan pada 1825-1826 oleh Kapten Johan Heinrich Conrad Bauer, benteng ini berlokasi di Bukit Jirek yang berketinggian 958 Mdpl, sehingga sering disebut juga dengan Benteng Bukit Jirek.

Sayangnya bangunan asli benteng ini sekarang sudah tidak yang tersisa, hanya ada bekas parit sedalam 1 m, dan lebar 3 m, serta delapan meriam besi yang memiliki panjang 116-280 cm, di beberapa sudut bekas bangunan benteng. Salah satu meriam terdapat tulisan yang menunjukkan angka tahun 1831.

Pada tahun 2002 pemerintah kota Bukittinggi merobohkan bangunan benteng untuk dijadikan taman kota, sehingga hanya tersisa bangunan bak air berbentuk persegi empat bercat putih hijau setinggi 20 m. Para pengunjung dapat melihat panorama kota Bukittinggi dengan menaiki tangga besi yang melingkar ke atas bangunan. Pengunjung juga dapat duduk-duduk di sekitar kawasan benteng, dan berfoto dengan latarbelakang tulisan benteng Fort De Kock yang terbuat dari besi dan terpasang di bawah benteng.

Situ Benteng Fort De Kock sekarang berada di dalam Taman Margasatwa Bukittinggi, dan sudah diresmikan menjadi situs cagar budaya. Untuk mengunjungi benteng ini, kita hanya perlu masuk ke Taman Margasatwa dengan membayar 5000 rupiah per orang saja. (Diyah Wara)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s