Jelajah Asyik ke Bukittinggi

Kota Bukittinggi, dikenal sebagai salah satu kota yang harus dikunjungi ketika kita berwisata ke Sumatera Barat. Banyak tempat menarik di kota ini selain udaranya yang sejuk karena terletak di perbukitan. Ini beberapa tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

1. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.
Dua tempat ini dihubungkan oleh jembatan gantung ini. Didalam Taman Margasatwa ini terdapat berbagai jenis hewan khas Indonesia yang sudah mulai punah seperti gajah, burung merak, orangutan, kancil dan lain-lain. Selain itu juga ada museum zoologi, berisi replika hewan-hewan yang sudah penuh atau hampir punah dan akuarium ikan hias berisi koleksi ikan hias. Sedangkan di dalam Taman Budaya Kinantan terdapat rumah adat Minangkabau.

2. Jembatan Limpapeh
Jembatan Limpapeh merupakan jembatan gantung yang menghubungkan Taman Margasatwa dan Taman Budaya Kinantan. Meskipun jembatan gantung namun tidak perlu khawatir jatuh karena jembatan ini sudah terbuat dari besi. Di tengah-tengah jembatan terdapat ruang yang bisa dipakai untuk beristirahat dan memberi makan burung merpati yang berada di dalam ruangan tersebut. Kita juga bisa berfoto di sepanjang jembatan dengan latarbelakang pemandangan kota Bukittinggi.

3. Benteng Fort De Kock
Sebetulnya benteng yang didirikan pada 1826 ini memiliki nama asli ‘Sterreschans’ atau benteng Bukit Jirek, lokasi tempat benteng berdiri. Nama De Kock kemudian disematkan kepada benteng Belanda ini sebagai penghormatan kepada komandan benteng bernama Hendrik Merkus Baron De Kock. Bangunan benteng ini sudah tidak seperti aslinya, hanya tersisa meriam dan parit-paritnya.

4. Istana Banjuang
Didalam Taman Budaya Kinantan terdapat rumah adat bernama Istana Banjuang. Istana berbentuk rumah adat Minangkabau ini sebetulnya museum etnografi yang berisi koleksi barang-barang budaya Minangkabau. Bangunan istana didirikan pada 1 Juli 1935 oleh orang Belanda bernama Mondelar Controlleur. Didepan istana terdapat taman dengan kolam berisi burung-burung sejenis bebek.

5. Taman Panorama
Berlokasi tepat di tengah kota Bukittinggi, taman ini pun menjadi salah satu tujuan utama masyarakat yang berkunjung ke Bukittinggi. Dari dalam taman ini kita bisa menikmati pemandangan Ngarai Sianok dari kejauhan. Didalam taman kita juga dapat menjelajah gua Jepang, yaitu gua-gua yang dibuat oleh Jepang untuk bersembunyi pada masa penjajahan Jepang.

6. Jam Gadang
Bangunan ini menjadi ikon dari kota Bukittinggi. Bangunan yang dibuat pada masa pemerintahan kolonial Belanda ini memiliki tinggi 26 meter. Didirikan pada 1826, jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controlleur Sekretaris, Rook Maker. Ternyata mesin Jam Gadang ini sama dengan mesin di menara jam Big Ben London, Forman.

7. Nasi Kapau Uni Lis
Kalau berwisata ke Bukittinggi, jangan lupa untuk menikmati Nasi Kapau Uni Lis. Nasi Kapau ini sebetulnya sama dengan nasi Padang yang biasa kita nikmati di manapun, namun dengan lauk yang lebih lengkap daripada nasi Padang biasa. Lokasinya yang berada di Pasar Bawah menjadikannya tempat yang strategis untuk sarapan ataupun makan siang. Nasi Kapau ini hanya buka sampai jam 5 sore setiap harinya.

Itulah tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi ketika kita ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Selamat berwisata! (Diyah Wara)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s