Ngarai Sianok

Ngarai Sianok, sebuah tempat wisata yang terkenal di Sumatera Barat. Berada di Pegunungan Bukit Barisan, panjang ngarai terbentang seluas 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang sampai Nagari Sianok Enam Suku. Kedalaman ngarai yang berupa tebing ini mencapai 100 meter dengan lebar celah sekitar 200 meter.

Sejatinya ngarai merupakan lembah yang terlihat hijau dengan sungai berair bersih di bawahnya. Ngarai ini terbentuk dari kegiatan pergerakan lempeng bumi di pulau Sumatera ini, bagian dari Patahan Semangko yang membelah pulau menjadi dua, mulai dari Aceh hingga Teluk Semangka, Lampung.

Lembah atau ngarai ini memiliki nama lain yaitu Lembah Pendiam, karena suasananya yang tenang, dan damai, dan hanya terdengar suara air sungai yang jernih dan kicauan burung. Tempat yang cocok untuk menenangkan diri atau bermeditasi.

Saat ini didekat Ngarai Sianok terdapat tangga untuk menaiki dan menuruni ngarai bernama Janjang Saribu, karena anak tanggalnya berjumlah 1000 buah. Sedangkan untuk menikmati pemandangan Ngarai Sianok, kita dapat berdiri di perbukitan sekitar ngarai. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Ngarai Sianok yaitu Taman Panorama di kota Bukittinggi. Di dalam taman sudah disiapkan tempat-tempat seperti menara pandang yang cocok untuk duduk-duduk bersantai sambil berfoto-foto dengan latarbelakang Ngarai Sianok. Untuk masuk ke taman panorama hanya dipungut biaya 5000 rupiah perorang saja. (Diyah Wara)

Advertisements

2 thoughts on “Ngarai Sianok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s