Belajar Budaya Jawa di Museum Ronggowarsito Jawa Tengah

Untuk mengetahui dan mempelajari budaya Jawa secara cepat, selain mencari-cari informasi melalui internet, kita juga bisa mengunjungi museum. Kali ini, saya pun mengunjungi museum di Semarang, Jawa Tengah untuk tahu mengenai budaya Jawa. Museum Ronggowarsito, nama museumnya. Berlokasi dekat dengan bandara Ahmad Yani, Semarang, museum ini memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara.

Nama Ronggowarsito diambil dari nama tokoh budaya dan filsafat Jawa. Karena di dalam museum inilah kita dapat belajar dan mengetahui lebih dalam budaya dan filosofi hidup orang Jawa. Orang Jawa pada masa lalu terbagi dalam tiga kelas sosial, bangsawan atau priyayi, kiai atau kaum ulama, dan rakyat biasa. Dari kelas bangsawan atau priyayi dan kiai atau ulama lah kemudian budaya dan filosofi masyarakat Jawa terbentuk.

Didalam Museum Ronggowarsito ini kita akan melihat replika kehidupan masyarakat Jawa pada masa pra sejarah, dimana masyarakat nya masih disebut masa meramu dan berburu. Kemudian juga kehidupan masyarakat pada masa kejayaan kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha yang ada di Jawa, seperti barang-barang peninggalan masa kerajaan, replika bangunan yang megah seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan, termasuk arca-arca nya.

Tidak hanya itu, di Museum Ronggowarsito dapat dilihat jejak budaya masyarakat Jawa, seperti rumah adat, alat-alat kesenian seperti gambang dan gamelan, tarian, pakaian adat, naskah-naskah kuno, dan masih banyak lagi barang-barang yang mewakili budaya dan filosofi hidup orang Jawa.

Bangunan museum ini berada di atas tanah seluas 1,8 hektar, dengan koleksi barang-barang hampir 60.000 buah. Diresmikan pada tahun 1989, untuk memasuki museum ini kita hanya perlu membayar 5000 rupiah. Jam buka museum dari jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 sore setiap hari nya, kecuali Senin. (Diyah Wara)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s