Mengingat Bung Karno di Istana Gebang Blitar

Rumah asri dipinggir jalan tersebut nampak lengang. Dihalamannya yang cukup luas terdapat pohon beringin yang cukup besar, tiang bendera dengan bendera merah putih yang berkibar dan patung besar Soekarno atau Bung Karno, presiden pertama Republik Indonesia. Ya, disinilah tempat Bung Karno menjalani masa kecilnya.

Memang tidak banyak yang mengetahui bahwa di bangunan yang bernama Istana Gebang ini lah Bung Karno menjalani masa kecilnya. Istana Gebang ini berlokasi di kota Blitar, Jawa Timur, dulunya belum dibuka untuk umum. Namun sejak pemerintah provinsi dan kota mengambil alih, rumah ini pun dibuka untuk publik.

Didalam Istana Gebang kita dapat melihat furniture antik peninggalan keluarga Bung Karno seperti meja, kursi, mesin tik, foto-foto keluarga dan tentunya kamar Bung Karno ketika masih kecil.

Pada bagian garasi kita dapat melihat mobil yang pernah dipakai Bung Karno ketika menjabat sebagai presiden Republik Indonesia.

Untuk masuk ke Istana Gebang kita tidak dipungut biaya apapun, hanya sesuka relanya menyumbang. Istana Gebang ini terbuka mulai sejak 07.00 pagi sampai 21.00 malam. (Diyah Wara).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s