Jembatan Barelang Batam

Kalau kita ke Batam, Kepulauan Riau, kita harus mengunjungi salah satu tempat wisata di tempat ini, yaitu Jembatan Barelang. Jembatan Barelang (Batam, Rempang, dan Galang) ini menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulau kecil di selatannya yaitu Tonton, Nipah, Sektok, Rempang, Galang, dan Galang Baru.
Jembatan Barelang, yang diprakarsai oleh presiden ke-3 Republik Indonesia, B.J.Habibie, berada sekitar 35 km dari kota Batam, dengan arsitektur khas Melayu Riau. Tiang setinggi 199 m menjadi penghias jembatan. Arsitek Bruce Ramsay lah yang mendisain jembatan ini.

Sebenarnya Jembatan Barelang ini merupakan sebutan populer bagi jembatan pertama, dari 6 jembatan yang menghubungkan pulau-pulau. Nama resmi jembatan pertama tersebut yaitu Jembatan Tengku Fisabilililah, menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton, dengan panjang 20 km. Sedangkan jembatan kedua, dengan panjang 420 m yang menghubungkan Pulau Tonton, dan Pulau Nipah, disebut Jembatan Nara Singa. Jembatan ketiga sepanjang 270 m, menghubungkan Pulau Nipah dengan Pulau Sekotok, dinamakan Jemabatan Ali Haji.

Untuk jembatan ke-empat, dinamakan Jembatan Sultan Zainal Abidin, yang menghubungkan Pulau Sekotok, dan Pulau Rempang, sepanjang 365 m. Sedangkan jembatan ke-lima dinamakan Jembatan Tuanku Tambusai, berbentuk melengkung sepanjang 385 m. Jembatan ini menghubungkan Pulau Rempang, dan Pulau Galang, tempat kamp pengungsi dari Vietnam. Dan jembatan terakhir atau yang ke-enam, disebut Jembatan Raja Kecik. Memiliki panjang 180 m, jembatan ini menghubungkan Pulau Galang dengan Pulau Galang Baru.

Secara keseluruhan jembatan ini memiliki panjang 2 km, dan jarak tempuh dari Jembatan Barelang ke pusat kota Batam yaitu satu setengah jam, apabila dalam keadaan padat, dan satu jam apabila dalam keadaan lengang.
Di sekitar jembatan ada tempat duduk-duduk sambil menikmati makanan dan minuman, serta menikmati pemandangan laut. Kita juga bisa duduk di pinggir jembatan pada waktu sore atau pagi hari untuk menikmati pemandangan sekitarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s